Waw, Ternyata Ada Banyak Manfaat Ikan Asin Untuk Ibu Hamil

Bacadonk.com – Ikan asin merupakan salah satu makanan yang sering disantap sebagian besar masyarakat kita. Harganya yang cukup murah dan rasanya yang enak menjadi alasan tersendiri mengapa ikan ini cukup banyak digemari untuk di konsumsi. Bagi anda yang sedang menjalani masa kehamilan, ikan ini juga bisa jadi salah satu lauk untuk konsumsi yang sehat. Sebenarnya masih banyak pertanyaan, apakah ikan ini boleh di konsumsi oleh ibu hamil atau tidak ? sebab kandungan garam yang tinggi pada ikan asin juga tak baik bagi kesehatan.

Sebenarnya ibu hamil boleh saja mengkonsumsi ikan asin, asalkan tak melampaui batas konsumsi garam yang di izinkan. Ikan asin nyatanya juga memiliki kandungan gizi yang cukup beragam dan diperlukan oleh tubuh. Berikut adalah 7 manfaat ikan asin untuk ibu hamil yang kami sajikan lengkap untuk anda.

  1. Sumber Protein

Manfaat ikan asin untuk ibu hamil yang pertama adalah sebagai sumber asupan protein untuk ibu hamil. Ikan asin juga memiliki kandungan protein yang berguna untuk ibu hamil. Manfaat protein sangat banyak, khususnya bagi hamil protein dapat membantu pertumbuhan organ-organ janin. Hal ini tentu sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Walaupun ikan asin memiliki zat protein yang tak cukup banyak jika dibanding sumber protein lain, namun setidaknya anda mempunyai salah satu pilihan konsumsi makanan yang sehat dan bermanfaat.

  1. Membantu Memproduksi Darah

Manfaat ikan asin untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu produksi darah untuk ibu hamil maupun janin yang dikandungnya. Ikan asin juga memiliki kandungan zat besi walaupun jumlahnya tak seberapa banyak. Manfaat zat besi ini adalah membantu produksi darah dalam tubuh maupun janin dalam kandungan. Zat besi akan merangsang pertumbuhan trombosit darah, yang tentunya akan meningkatkan produksi darah. Semakin berkualitas jenis ikan yang digunakan sebagai ikan asin, maka jumlah zat besi yang ada juga semakin besar.

  1. Menekan Risiko Keguguran

Zat besi yang ada pada ikan asin juga berguna untuk menekan risiko keguguran bagi ibu hamil. Seperti kita ketahui bersama, zat besi merupakan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Kekurangan zat besi pada tubuh akan menimbulkan banyak gangguan kesehatan. Bagi ibu hamil kekurangan zat besi akan menyebabkan ancaman keguguran juga menjadi tinggi. Agar terhindar dan mencegah terjadinya keguguran anda dapat mencukupi kebutuhan zat besi dari ikan asin ini.

Baca Juga : Wasir Saat Hamil, Gimana Bisa?? 

  1. Nutrisi Pertumbuhan Otak Janin

Ikan asin memiliki kandungan yodium yang cukup tinggi, mengingat cara pengolahan ikan ini yang menggunakan banyak garam. Manfaat yodium untuk ibu hamil diantaranya adalah sebagai nutrisi pertumbuhan otak janin. Apabila ibu hamil kekurangan asupan yodium saat mengandung, risiko pertumbuhan otak janin akan meningkat. Hal ini tentu akan mengganggu pertumbuhan bayi ke depannya, terutama kemampuan berpikir dan motoriknya. Anda bisa memberikan asupan yodium yang cukup dengan mengkonsumsi ikan asin.

  1. Mencegah Bayi Lahir dengan Berat Rendah

Yodium juga dapat mencegah bayi lahir dengan berat badan yang rendah dan lahir secara prematur. Apabila saat hamilmampu memenuhi kebutuhan yodium yang cukup maka bayi akan lahir dengan normal dengan berat badan yang ideal. Konsumsi yodium yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah sebesar 220 mikrogram per hari, kebutuhan yodium ini juga bisa kurang atau lebih tergantung dari kondisi ibu hamil. Pastikan memenuhi asupan yodium yang cukup saat hamil agar janin dalam kandungan lebih sehat.

  1. Meningkatkan Produksi Hormon Tiroid

Selain itu, manfaat yodium yang terdapat pada ikan asin juga mempengaruhi produksi hormon tiroid dalam tubuh. Manfaat hormon tiroid dalam tubuh cukup besar diantaranya mengatur metabolisme tubuh. Hormon tiroid juga berperan penting dalam proses tumbuh kembang janin pada ibu hamil. Apabila metabolisme tubuh berjalan dengan baik, maka proses menjalani kehamilan juga semakin sehat dan mencegah berbagai masalah kesehatan.

  1. Kalsium Untuk Pertumbuhan Janin

Kandungan zat gizi yang ada pada ikan asin adalah kalsium, manfaat kalsium sangat besar bagi ibu hamil, khususnya untuk pertumbuhan tulang janin dalam kandungan. Ibu hamil juga membutuhkan asupan kalsium yang cukup agar proses kehamilan berjalan dengan baik. kekurangan kalsium juga akan menghambat pertumbuhan janin yang dikandung.

Manfaat ikan asin untuk ibu hamil cukup banyak, ikan asin ternyata memiliki zat gizi yang berguna untuk ibu hamildan janin yang di kandung. Walaupun kandungan nutrisi yang dimiliki ikan asin tak sebanyak sumber makanan bergizi yang lain, namun ikan asin dapat menjadi menu makanan yang sehat untuk ibu hamil dan harganya juga cukup ekonomis. Satu yang perlu diperhatikan adalah batas konsumsi garam yang di izinkan untuk ibu hamil. Anda tak boleh mengkonsumsi ikan asin secara berlebihan, karena juga akan membawa dampak negatif bagi kesehatan tubuh dan janin.

About /Contact Us /Disclaimer /Privacy Policy /Sitemap