Manfaat Kulit Jagung Untuk Kesehatan, Dapat Menurunkan Kolesterol !!

Bacadonk.com – Jagung merupakan tanaman yang sangat akrab bagi kebanyakan dari kita. Jagung biasanya dibudidayakan oleh petani untuk diambil bijinya, bijinya  bisa digunakan sebagai bahan baku snack atau makanan lain. Sedangkan kulit jagung atau kelobot ini biasanya akan dibuang begitu saja oleh petani jagung, atau kadang juga ada yang dikeringkan dan digunakan sebagai bahan baku kerajinan dan bungkus rokok. Tapi perlu anda ketahui ternyata kulit buah yang digemari burung dan ayam ini memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan.

Kulit jagung mengandung kalori yang cukup banyak. Setiap 100 gram jagung terdapat sekitar 342 kalori yang terkandung di dalamnya. Jagung juga mengandung serat yang berguna dalam menjaga metabolisme dan sistem pencernaan tubuh. Di dalam jagung juga mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin E, dan vitamin B yang baik untuk kulit. Selain serat dan vitamin ternyata jagung juga mengandung antioksidan yang tinggi, antioksidan ini berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan mencegah munculnya penyakit alzhaimer. Kulit jagung juga mengandung serat, vitamin, dan antioksidan meskipun jumlahnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan bijinya.

Lantas, apa saja manfaat kulit manggis tersebut? ayok mari, disimak ulasan berikut ini yang telah admin bacadonk ringkas kembali untuk para pembaca semua :

1. Mencerahkan wajah

Ternyata kulit yang memiliki tekstur cenderung kasar ini juga berguna sebagai masker. Kulit jagung memiliki kandungan vitamin C yang dapat berguna untuk memutihkan wajah. Kulit akan mengalami regenerasi yang bagus sehingga dapat membuat anda terlihat awet muda. Caranya adalah pilihlah kulit yang muda, parut isi jagung tapi jangan sampai bonggolnya, haluskan parutan isi bersama kulit jagung, kemudian gunakan sebagai masker dan diamkan hingga mengering. Untuk mendapatkan hasil maksimal pakai masker ini sekitar seminggu sekali.

2. Menghindari munculnya jerawat

Selain untuk mencerahkan wajah masker kulit jagung juga dapat digunakan untuk menghindari munculnya jerawat. Untuk anda yang memiliki masalah dengan jerawat terutama di wajah, ada baiknya mencoba untuk membuat masker dari kulit jagung ini. Sama halnya jika digunakan sebagai pencerah wajah untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan masker ini seminggu sekali.

3. Mengobati tekanan darah tinggi

Untuk mengobati tekanan darah tinggi rebuslah 7 buah jagung beserta dengan kulitnya dan tambahkan satu genggam rambut jagung ke dalam air panas sebanyak 110 ml air. Konsumsi ramuan tersebut secara rutin dan teratur. Biji, kulit, dan rambut jagung dapat menstabilkan kinerja jantung dan meningkatkan peredaran darah.

Baca Juga : Kulit Apel Untuk Menjaga Kesehatan Mata

4. Mengobati batu empedu

Air rebusan dari isi bersama dengan kulit jagung mampu mengobati batu empedu. Caranya yaitu dengan merebus 5 jagung bersamaan dengan kulitnya dengan 110 ml air, untuk mendapatkan hasil yang maksimal campur dengan daun kumis kucing. Jika air sudah mendidih, saring airnya dan minumlah air rebusan jagung secukupnya.

5. Mencegah batu ginjal

Dalam kulit jagung terdapat serat yang mampu membersihkan racun dan senyawa nitrat yang ada pada ginjal sehingga mampu mencegah terjadinya batu ginjal.

6. Meningkatkan kemampuan pembekuan darah

Di dalam serat kulit jagung terkandung vitamin k yang dapat meningkatkan kemampuan pembekuan pada darah. Pembekuan pada darah sangat berfungsi agar tidak mengalami pendarahan hebat dan dibarengi dengan kehilangan darah yang berlebihan pada saat terjadi cedera.

7. Mengontrol diabetes

Diabetes dapat terjadi karena prosuksi insulin yang ada di dalam tubuh tidak seimbang. Serat pada kulit jagung ini dapat mengontrol terjadinya diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

8. Menurunkan kolesterol

Serat yang ada dalam kulit jagung memang sangat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah dapat menurunkan kolesterol. Serat jagung dapat mengusir kolesterol yang terkumpul dalam arteri dan akan membuangnya keluar sehingga menurunkan kolesterol.

9. Menyehatkan pencernaan

Serat kulit jagung ini juga bisa menyehatkan pencernaan karena berperan dalam meningkatkan produksi cairan pencernaan yang sehat, sehingga dapat menyehatkan pencernaan dan dapat menambah nafsu makan.

10. Menyehatkan kantung kemih

Serat kulit jagung ini memiliki manfaat lain yaitu menyehatkan kantung kemih. Serat ini dapat mengobati infeksi kantung kemih, karena dapat membunuh mikroba tertentu yang dapat mengganggu kesehatan  kantung kemih.

11. Mencegah penyakit jantung

Serat kulit jagung dapat mengontrol kolesterol dan lemak yang berlebihan yang ada dalam tubuh manusia, sehingga hal tersebut dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung dan yang berhubungan dengan jantung.

Untuk merasakan manfaat dari kulit jagung yang satu ini, pilihlah jagung yang masih muda dan segar sehingga kandungan yang ada di dalamnya masih maksimal. Adapun cara mengolah serat kulit jagung agar dapat bermanfaat anda dapat memasaknya untuk dikonsumsi, atau menggilingnya untuk mendapatkan cairan, atau juga merebusnya dalam air panas untuk mendapatkan cairannya juga. Ini lah yang dapat admin ringkas sedikit semoga para pembaca semua dapat mencobanya dan mendapatkan manfaat dan khasiat nya, & semoga berhasil.  Salam Sehat…

About /Contact Us /Disclaimer /Privacy Policy /Sitemap